Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tak Terbaca di Komputer

Flashdisk merupakan salah satu alat penyimpan data yang keberadaannya sangat penting saat ini. Benda ini digunakan sebagai penyimpan data atau file untuk mengurangi beban memori dalam komputer. Ketika flashdisk tidak terbaca di komputer, hal ini akan menimbulkan masalah karena file didalamnya tentu tidak dapat dibuka. Bagaimana cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca komputer.

tenang saja sob, jika kamu saat ini sedang kesulitan untuk menggunakan Flashdiskmu. Dalam hal ini tidak terbaca bahkan sama sekali tak terdeteksi apapun pada PC, Maka artikel ini bisa menjadi solusinya.

Pada postingan kali ini tim GMK sudah merangkum khusus untukmu Bagaimana cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca di komputer. tentu saja cara dan trik kali ini tak begitu rumit dan tambahan apapun. cukup kamu simak saja yang kami jelaskan kali ini.

Flashdisk adalah perangkat penyimpan data portable yang dapat digunakan untuk menyimpan file dari komputer atau laptop. Sebagai penyimpan data portable, flashdisk bisa dibawa kemana saja oleh pemiliknya. Flashdisk hadir dengan beragam merk dan kapasitas penyimpanan hingga berukuran terabyte. Mayoritas pengguna komputer menyimpan data di flashdisk ketimbang di Cloud atau Google Drive.

BACA JUGA : Cara Melihat IP Wifi di Laptop dan HP

Sudah tak sabar ingin mencobanya, berikut tips memperbaiki Flashdisk yang tak terbaca di komputer.

Inilah 4 Cara Mengatasi Flashdisk tidak terbaca di komputer

Pada kondisi tertentu bisa saja terjadi flashdisk tidak terbaca di komputer dan menimbulkan kepanikan karena file penting di dalamnya tidak dapat dibuka. Saat menemukan kondisi ini jangan terlalu panik. Segera lakukan  hal dibawah ini.

1. Lihat Port USB

Jika flashdisk tidak dapat terbaca pada sistem komputer, periksa apakah port USB sudah tersambung dengan baik. Sering terjadi flashdisk tidak terbaca akibat port USB nya tidak tersambung dengan benar di komputer sehingga sistem tidak dapat membacanya. Mungkin saja portnya sudah longgar atau ada kotoran di dalam port yang mengganggu.

2. Cek Kondisi Flashdisk Menggunakan Scan Repair Drive

Windows memiliki sebuah fitur untuk melakukan pemindaian pada flashdisk. Pemindaian ini dilakukan untuk memperbaiki dan mengatasi flashdisk yang mengalami kerusakan dan tidak terbaca di komputer. Jika ditemukan kerusakan setelah dipindai, maka Windows akan secara otomatis memperbaikinya. Caranya seperti berikut:

  • Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Klik kanan pada logo Windows, pilih Disk Management.
  • Pilih flashdisk yang tersambung, umumnya berada di folder E, maka klik kanan di folder E.
  • Pilih Propertieskemudian klik Tools dan pilih fitur Check.
  • Klik opsi Scan and Repair Drive, tunggu  hingga proses selesai dilakukan.
  • Setelah proses ini selesai, cabut flashdisk dan digunakan seperti biasa.

3. Perbaiki Menggunakan Fitur Device Manager

Cara untuk memperbaiki flashdisk juga bisa menggunakan fitur Device Manager di komputer. Hal ini dilakukan ada flashdisk yang tersambung namun tidak terbaca datanya di sistem komputer. Caranya sebagai berikut:

  • Ketik Device Managerdi kolom pencarian Windows, klik Diskkemudian Disk Drives.
  • Cari drive yang mengandung kata Flashdisk.
  • Setelah drive ditemukan, klik kanan kemudian pilih uninstall.
  • Setelahnya pilih Scan for hardware changesagar drive diperbaharui.
  • Setelah selesai, restart komputer atau laptop.
  • Gunakan kembali flashdisk seperti semula.

4. Format Flashdisk Menggunakan CMD

Setelah melakukan semua cara di atas namun flashdisk masih tetap belum terbaca, maka cara yang masih dilakukan adalah dengan memformat flashdisk. Namun resikonya adalah semua file yang berada di dalam flashdisk akan terhapus. Hal ini sekaligus dapat membersihkan virus yang terdapat dalam flashdisk. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sambungkan flashdisk pada port USB di komputer, klik Windows dan akan muncul Windows CMD secara otomatis.
  • Ketik FORMAT F:/FS:FAT pada CMD tersebut. Jika lokasi flashdisk berada di drive E maka ketik FORMAT E:/FS:FAT.
  • Klik Enter. Flashdisk secara otomatis akan di format oleh Windows dan semua file akan dihapus.

BACA JUGA : Cara Cek HP Support MHL atau tidak

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang bagaimana memperbaiki flashdisk tidak terbaca di komputer. Kehadiran virus bisa menjadi salah satu penyebab flashdisk tidak terbaca, karena benda ini seringkali digunakan dari satu komputer ke komputer lainnya. Walaupun beresiko terkena virus, namun menggunakan flashdisk untuk menyimpan data masih menjadi pilihan utama para pengguna komputer saat ini.

semoga dengan ulasan kali ini bisa menambah informasi seputar tekno untuk anda. untuk info lebih menarik lainnya tentang aplikasi dan game terbaru, anda bisa kunjungi GMKGroup.co.id untuk update postingan setiap harinya.

Leave a Comment