5 Software Monitoring Jaringan Terbaik dan Mudah 2022

Saat ini akses internet merupakan sebuah kebutuhan yang terbilang penting. Maka jangan heran jika akses wifi kini menjangkau hingga ke pelosok dusun. Dengan luas dan kemudahan akses internet tentu saja terdapat banyak keuntungan dan juga sisi positifnya. Untuk kamu yang memiliki usaha share akses jaringan Wifi, Yakni usaha mengharuskan kamu membagi jaringan wifimu kepada beberapa rumah ditempat tinggalmu. Sudah pasti sering kali berurusan dengan koneksi dan monitoring Jaringan. Nah lalu adakah Software monitoring jaringan Terbaik yang mudah dan cepat untuk digunakan.

Pada postingan kali ini kita akan membahas aplikasi atau software apa saja yang bisa kamu gunakan untuk memonitor jaringan internet yang kamu miliki. Dengan software software ini bisa memudahkan pekerjaanmu untuk tetap memantau jaringan tetap terkoneksi dengan lancar.

Pentingnya menjalankan monitoring pada jaringan sangat berguna untuk memastikan bahwa jaringan bisa berjalan secara stabil. Dengan bantuan software monitoring jaringan maka segalanya akan jadi mudah juga bisa mengatasi masalah yang muncul saat monitoring perangkat.

Artikel Lainnya : Cara Cek HP Support MHL atau tidak

Adapun server pada desktop harus dipastikan kinerjanya lebih baik dan optimal. Maka dari itu, hadirnya software untuk membantu dalam memonitor jaringan sangat dibutuhkan. Lalu apa saja software yang direkomendasikan tersebut?

Rekomendasi 5 Software Monitoring Jaringan Terbaik yang Mudah dijalankan

1. Ganglia

Pada software yang satu ini, yaitu Ganglia sangat memanfaatkan teknologi yang hadir saat ini misalnya XML. Pada penggunaan XML ini dipakai sebagai representasi data, sementara itu hadir pula XDR untuk transportasi datanya. Dengan begitu tujuan dari fitur ini untuk rekayasa struktur data hingga algoritma dalam pemaksimalan yang efektif.

Untuk monitoring sistem dari Ganglia itu sendiri yaitu ada BSD license yang digunakan. Adapun desain khususnya untuk menjalankan sistem komputerisasi dengan performa tinggi. Misalnya saja fitur cluster dan grid, dimana gftool ini akan menganalisa data terukur dan terdistribusi dengan baik.

2. CollectD

Berikutnya software monitoring jaringan adalah Collect D. Penggunaan CollectD ini sangat memudahkan untuk pengumpulan data dan menyimpannya memakai banyak format. Misalnya saja ada file RRD yang dipakai untuk menyajikan grafik data yang ada.

Selain itu, monitoring server dari ColletD ini biasanya dipakai pada proyek-proyek tertentu. Juga pada CollectD ini alat grafik yang dipakai seperti Grafana, Cacti, Graffiti dan lainnya. Sehingga memudahkan penggunanya untuk pengumpulan open-source yang digunakan dalam monitoring jaringan yang ada.

3. Netmonk

Kehadiran Netmonk sebagai dashboard analisa yang berbasis web, nantinya kinerjanya akan mendapatkan data secara otomatis pada perangkat jaringan. Kemudian data tersebut akan diolah dan dijadikan sebagai informasi yang menarik. Berikutnya akan dimanfaatkan untuk operasional IT dan manajer IT dalam mengambil keputusan saat menjalankan investasi jaringan infrastruktur.

Netmonk ini menawarkan solusi dengan melakukan pengelolaan jaringan yang tidak rumit dan sangat optimal. Dimana nantinya perusahaan bisa mengembangkan dan melakukan tata kelola jaringan hingga operasionalnya dengan mudah. Dengan berbekal fitur yang canggih seperti adanya dashboard profesional, network map, alarm via email bahkan print untuk laporan jaringan secara cepat.

4. NCS Network Scanner

Keberadaan software monitoring jaringan yang satu ini sangat mudah dan bisa diketahui alamat IPnya. Pada kinerja dari NCS Network Scanner ini menjalankan data dari daftar komputer ke perangkat lainnya memakai jaringan pengguna. Hadirnya NCS Network Scanner ini bisa jadi rekomendasi terbaik untuk pemisahaan maupun bidang perkantoran.

Saat memakai NCS ini maka akan memungkinkan penggunanya dalam menjalankan deteksi alamat IP. Berikutnya pengguna juga bisa mendapatkan tampilan rincian seperti waktu respon dan nama komputernya. Pengguna juga tidak perlu khawatir ketika ada jenis alamat IP yang berbeda, maka akan otomatis terdeteksi.

5. Spiceworks

Pada dasarnya alat IT yang ada ini bisa didapatkan gratis misalnya saja Spiceworks. Adapun Spiceworks ini memberikan akses infrastruktur misalnya, saklar, server, layanan dan perangkat SNMP. Adapun untuk pengaturan dashboard dari Spiceworks untuk konektivitasnya sangat mudah.

Berikutnya Spiceworks ini akan berikan peringatan yang langsung masuk ke email pengguna. Bahkan juga memberikan informasi terupdate jika ternyata jaringan pengguna lambat. Atau terjadi kelebihan beban pada aplikasi sehingga kinerja perangkat menurun.

Kesimpulan

Dengan adanya software monitoring jaringan pastinya akan sangat membantu pengguna. Apapun kondisinya pada monitor jaringan, software akan membantu untuk memberikan deteksi dini. Sehingga nantinya perangkat akan bekerja secara optimal dan memastikan berjalannya jaringan dengan lancar tanpa kendala.

BACA JUGA : Cara Melihat IP Wifi di Android dan Laptop

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita hari ini seputar Software Monitoring Jaringan yang mudah digunakan dan juga gratis. Kami berharap dengan artikel ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang memang sedang mencari aplikasi untuk memonitor jaringan dan juga akses internet.

Untuk artikel lainnya seputar tekno dan juga aplikasi terbaru,kunjungi terus GMKGroup.co.id setiap hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 thought on “5 Software Monitoring Jaringan Terbaik dan Mudah 2022”

Leave a Comment